Kamis, 09 Juni 2011

10 Musisi Ternama Di Dunia(4)

10 jajaran musisi di dunia antara lain dan tidak bukan adalah
1.Ludwig Van Beethoven (1770-1827)
2.Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791)
3.Jimi Hendrik (1942-1970)
4.Ravi Shankar (1920 - sekarang)
5.Yehudi Mennin (1916-1999)
6.George Gershwin (1898-1937)
7.Heitor Villa Lobos (1887-1959)
8.John Michael Osbourne (1948-Sekarang)
9.Johann Sebastian Bach (1685-1750)
10.Bob Marley (1945-1981)
Sampai di artikel ke-4.
Artikel tentang Ravi Shankar ini akan saya berikan sesuai yang saya tulis di artikel pertama saya.
Ravi Shankar (lahir 7 April, 1920, di Varanasi, Uttar Pradesh, India) adalah seorang komposer India yang terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar.
instrumentalis India ini juga di knal dngan karya rintisanya yang membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke Dunia Barat. 
Ia adalah murid dari Allauddin Khan (pendiri sekolah musik klasik India, Maihar gharana), Pandit Ravi Shankar adalah seorang instrumentalis India yang terkenal dengan karya rintisannya yang membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke dunia Barat. Ini dilakukan melalui kerjasamanya dengan The Beatles khususnya George Harisson dan juga karena kharisma pribadinya sendiri. Karier musiknya merentang selama lebih dari enam dekade dan Shankar baru-baru ini memegang Rekor Guinness untuk karier internasional terlama.
Dia adalah ayah dari kedua penghargaan pemenang Grammy penyanyi Norah Jones, dan Anoushka Shankar, juga sitarist mencatat.
Ravi Shankar adalah pemain abad ke-20 yang paling terkenal dari instrumen senar rumit yang dikenal sebagai sitar. 1950-an itu mungkin periode Shankar paling kreatif: ia disusun dan dilakukan, bekerja sebagai direktur musik dari All-India Radio di Delhi, menciptakan Vadya Vrinda Chamber Orchestra, mencetak film (terutama Trilogy Apu sutradara Satyajit Ray) dan mulai berkeliling dunia dan pujian menang untuk dirinya sendiri dan untuk musik India. Pada tahun 1960 Shankar tumbuh masih lebih terkenal karena pengaruhnya terhadap The Beatles, yang digunakan sitar di beberapa lagu mereka yang lebih psikedelik. (Shankar berteman khusus dengan George Harrison, yang menghasilkan beberapa album kemudian Shankar.) Seperti tahun-tahun berlalu Shankar kurang dikenal sebagai pemain dan lebih sebagai negarawan tua dari musik dunia. Pada tahun 2000 ia diberi Legiun Kehormatan Perancis, dan pada tahun 2001 ia dianugerahi kehormatan ksatria oleh Ratu Elizabeth II.
Ravi Shankar memiliki masa kanak-kanak yang menarik. Ia dilahirkan pada tanggal 7 April 1920 di Benares (Varanasi alias, atau Kashi) menjadi sebuah komunitas Brahmana Bengali. tempat asli Keluarganya adalah Kalia yang sekarang di Bangladesh. asuhan awal-Nya murka dalam musik dan budaya. Sebagai anak ia telah memainkan sejumlah instrumen dan bahkan menyanyi dalam fungsi sekolah.
Ketika Ravi Shankar masih sangat muda, ayah dan saudara (Uday Shankar) meninggalkan India dan pergi ke Eropa untuk hidup. Ini membuka jalan bagi pintu masuk Ravi Shankar ke dalam masyarakat Eropa. Pada tahun 1930 ia pindah ke Paris untuk menjadi bagian dari rombongan saudaranya.
Paris memiliki pengaruh yang sangat kuat pada Ravi Shankar muda. Dia melanjutkan pendidikan di Paris, tetapi lebih penting lagi ia banyak belajar dari lingkungannya. Di satu sisi, ia dihadapkan pada musik India dan tari melalui rombongan saudaranya. Yang sama pentingnya adalah pengetahuan cara Barat. Keterampilan ini dikombinasikan akan suatu hari membuatnya menjadi entitas yang tangguh di dunia musik.
Saat itu pada tahun 1938 ia pindah kembali ke India untuk memulai pelatihan formal. Dia magang dirinya untuk Ustad Allauddin Khan, yang dikenal sebagai Baba. Dia menghabiskan beberapa tahun belajar sitar di bawah bimbingan nya mampu.
Setelah magang selesai, ia berangkat untuk mengejar karir profesionalnya. Selama periode ini ia mulai membuat nama untuk dirinya sendiri di radio, dan film. Dia menggubah musik untuk film seperti Dharti ke Lal, dan Neecha Nagar. Ia juga menggubah musik untuk Mohd. Iqbal Sare Jahan Se Accha yang bahkan saat ini adalah versi yang paling terkenal. Pada tahun 1949 ia menjadi direktur musik dari Semua Di India Radio di Delhi. Dia juga terus melakukan perjalanan bolak-balik antara India dan Barat.
1966 merupakan tahun yang penting baginya. Ini adalah waktu yang selama ini George Harrison dari The Beatles menjadi muridnya. Asosiasi ini melambungkan Ravi Shankar ke ketenaran internasional. pertunjukan Nya di Monterey, Woodstock, dan banyak rekaman itu yang dia kagum abadi dari seluruh generasi.
Dia telah memenangkan banyak penghargaan termasuk Bharat Ratna, beberapa penghargaan Grammy, Doctorates banyak kehormatan.
Namun hidupnya tidak semua mudah. Ibunya meninggal ketika ia masih sangat muda, ada profesional yang luar biasa perjuangan selama masa mudanya. Ada perkawinan pertama gagal Annapurna Devi, dan kematian dini anaknya. Kesulitan-kesulitan ini akan sulit bagi banyak orang untuk menanggung.
Namun, dalam tahun kemudian kehidupan pribadinya telah tenang. Ia saat ini menikah dengan Sukanya, dan putri mereka Anoushka Shankar, adalah sitarist dihormati dalam haknya sendiri. Satu anak perempuan lain yang telah membuat nama yang sangat besar bagi dirinya sendiri adalah Nora Jones, penyanyi terkenal.
 

0 komentar:

Posting Komentar